DTur Change For All

KASULTANAN MAJAPAHIT

Posted on: Juli 4, 2010

Sejarah ditulis berdasar kepentingan ruang dan waktu, demikian sejarah Islam syarat tarik menarik dimana kapan penulisnya menyuguhkan fakta-fakta.  Celakanya jika fakta sejarah ditampilkan hanya satu sisi yg lalu difahami sebagai kebenaran satu-satunya bagi pelajar, seperti bagaimana sejarawan telah gagal menyuguhkan Kasultanan Majapahit. 

Banyak fakta baru terungkap justru dari sumber-sumber susastra, bangunan candi dan artefak Jawa yang kaya makna di luar buku-buku sejarah yang ada. Maka disinilah pentingnya sebuah buku sejarah berjudul Kasultanan Majapahit, Fakta Sejarah Yang Tersembunyi  (2010)  karya Herman S.J. tentang peradaban islam di Nuswantara telah ada sejak pra-Majapahit, seperti tertulis time-line di bagian belakang buku.

Sunguh tepat buku ini terbit di saat Muktamar Satu Abad 3-8 Juli 2010 melalui sebuah tim kajian Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik dari   Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Bahwa l0go persyarikatan mirip dengan lambang Kasultanan Majapahit yakni Ilang Sirna Kertaning Bhumi. Istilah kasultanan disematkan pada Majapahit atas dasar fakta inskripsi makam Maulana Malik Ibrahim yang berisi beliau sebagai Ulama’ Majapahit. 

Surya Majapahit ini bagi Muhammadiyah bisa terlacak lewat sosok Ki Ageng Gribig Jatinom Klaten, Syekh Jumadil Kubro dst.. (lihat tulisan lain di web ini!!). Juga dalam ekspedisi tim pada Uang Kepeng kasultanan, ditemukan pula di banyak makam-makam Nusantara kuno, bahkan era sebelum kasultanan.

Seperti fakta diatas menggambarkan masyarakat Nuswantara yg melek baca dan meninggalkan kekuatan budaya, perdagangan dan tentu politik. Menurut sejarawan Amerika Nancy yg telah meneliti tujuh ratus ribu  lebih buku Jawa Kuno, menyimpulkan tidak mungkin melepas jejak Islam di tanah Nusantara dan filologi kolonial telah gagal menyebut peradaban Jawa berasal dari India.

Buku tim kajian yg jadi judulnya Kasultanan Majapahit jelas memaparkan faktor Islam amat dominan memberi warna sejarah Nuswantara. Selamat mengkaji.. ***

7 Tanggapan to "KASULTANAN MAJAPAHIT"

Kemendiknas dan Kemenag perlu membaca buku ini

Sudah saatnya BUKU SEJARAH yg ditulis (mulai jaman ORBA) segera dievaluasi dan diulang/dikaji kembali berdasarkan fakta yg benar (bukan dugaan/rekaan lantaran kepentingan EGOISME PENGUASA).

Jangan lupa, ISLAM pernah BERJAYA (KAAFFAH) di NUSWANTARA ini!
wallohu-alam.

islam telah ada di nusantara sejak zaman prabu sri aji jaya baya di KEDIRI..(KITAB MUSARAR SRI AJI JAYA BAYA/SYEH SAMSUJEN)bahkan situs masjid AULIA setono gedong KEDIRI menunjukkan maskot JATAYU prabu AIRLANGGA..semasa KAHURIPAN..

Slalam kerabat

Terima kasih atas pemberitahuannya _yang mana hal ini belum saya ketahuinya.

Bila saya diberi berkah umur panjang…. mudah_x2an saya dapat mengekuti & mengenalnya lebih dalam tentang Majapahit.

Wassalam

Ngabdi Roso Trisno

Majapahit hingga runtuh tetap memegang erat pada kebudayaan asli adat jawa… benar islam telah ada dan dibebaskan berdakwah oleh raja-raja majapahit… itulah betapa mulianya majapahit dalam menghormati agama lain selain siwa budha dan saya bangga menjadi islam tapi islam jawa… islam sejati yang menghargai adat istiadat dan budayanya sendiri… seperti kanjeng sunan kalijaga dan syeh siti jenar… itulah contoh wali yang pantas menjadi panutan… jadi menurut saya gelar kesultanan untuk raja2 majapahit perlu dikaji dan ditelusuri lebih mendalam….

Buku islam nusantara menarik perhatian cukup lama dan banyak yg memperdebatkan, namun sedikit yg menuliskannya..sejarah selalu hadir di tangan pelaku bukan ilmuan dan teoritisi..

Data-data dalam Kasultanan Majapahit, jika betul sperti ditulis di blog adalah fakta sejarah yg tak terbantahkan… ada persoalan apa dengan buku dan kurikulum sejarah di Indonesia, akui saja Islam melekat dlm diri kepribadian Nusantara sperti Islam Majapahit telah ada seblm keberadaannya saat Syeck Subakir betul2 hadir berdakwah di abad (9?)disini..bhkan kejatuhannya..

Rupanya penulis blog blm sepenuhnya membuka isi buku Kasultanan Majapahit; kapan mau dibuka jika di toko-toko buku aja susah didapatkan? Bagaimana cara mendapatkan isi data di tulisan Majapahit yg anda maksud? Kapan ada bedah buku, atau bgmn respon para ahli terhadap buku ini..

Mohon tanggapan ya bung Admin dTur..yang ingin merubah sejarah!

Terimakasih salam..

Kasultanan Majapahit ? Mulai ada KASULTANAN itu mulai kerajaan DEMAK BINTARA …. Sultan Trenggono ….

Klo Majapahit itu bukan KASULTANAN …. coba cek sejarahnya Mas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • joko subantiyono: Rahayu,ing wedal sak meniko kito tansah eling dumateng lampah kito piyambak,amargi sinaoso bener nanging menopo sampun pener?kitab ingkang leres menik
  • Lailina zulfa: Wah,q brkali" bc sejarah ini,tp kok pnelitinya baru Pak fb ja nich..tp kalo tu bner.bkal ada prubhan fkta sjarah paling fen0menal spnjang sjrh..dn pzt
  • hamba allah: hmmm stau saya dhlu pun tdk ada yg tahu sypa yg tlah mndirikan candi borobudur,bkn jga org budha,krna dhulu borobudur d tmukan oleh petani trtutup ole

Kategori

%d blogger menyukai ini: